Tuesday, August 12, 2008

Royal Jelly atau Susu Lebah




Royal jelly atau susu lebah, merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah, terutama bagi ratu lebah yang mengonsumsinya seumur hidup. Royal jelly kaya akan kandungan nutrisi penting alami yang dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi manusia, terutama dapat memperlambat proses penuaan



Makanan Alami, Anti-Penuaan

Proses penuaan terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Hal ini merupakan proses alami akibat bertambahnya usia kita. Beberapa dari kita mengalami proses penuaan disertai dengan timbulnya penyakit arthritis, katarak, diabetes dan sakit jantung. Proses penuaan juga dapat mempengaruhi daya ingat, aktifitas , penglihatan dan perubahan pada kulit kita.

Efek-efek ini serta berbagai penyakit degeneratif merupakan tanda terjadinya penuaan dini, yang sering kali disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, polusi, dan kebiasaan merokok, serta konsumsi alkohol.

Penelitian membuktikan bahwa solusi utama untuk mengurangi efek penuaan adalah dengan mengonsumsi nutrisi secara optimal. Diet seimbang dan suplemen yang tepat dapat membantu memelihara sel tubuh kita serta dapat memerangi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel merupakan faktor utama dalam proses penuaan.

Apakah Royal Jelly itu?
Royal jelly dikenal juga dengan sebutan susu lebah karena warnanya yang mirip dengan warna susu, dihasilkan dari kelenjar hipofaringeal yang terdapat di bagian kepala lebah perawat, yang merupakan makanan bagi para lebah dan ratu lebah.

Secara genetik, telur ratu lebah identik dengan telur lebah betina lainnya. Tetapi lebah pekerja (betina) hanya mengonsumsi royal jelly selama tiga hari pada fase larva, sementara ratu lebah mengonsumsi royal jelly sepanjang hidupnya.

Royal jelly membuat ratu lebah memiliki banyak keunggulan dibandingkan lebah betina lainnya, yaitu ratu lebah berusia 40 kali lebih lama dibanding lebah pekerja (4-6 tahun dibandingkan 5-6 minggu), dan dapat menghasilkan telur hingga 2,000 telur per harinya, sementara lebah betina yang lain tidak meng-hasilkan telur atau mandul. Sungguh luar biasa!


Royal jelly kaya akan kandungan nutrisi penting yang tidak hanya berguna bagi para lebah, tetapi juga bermanfaat bagi manusia, seperti:
- Protein dan asam amino, yang merupakan komponen terbesar dalam royal jelly,
- Asam lemak esensial. Asam lemak yang paling banyak terkandung dalam royal jelly adalah 10-HDA (trans-10-hydroxy-2-decenoic acid). Hingga kini belum ditemukan produk alami lain yang memiliki kandungan 10-HDA, tidak juga pada hasil lebah lainnya,
-Vitamin B kompleks, sperti: B1, B2, B6, B12, biotin, asam folat dan inositol. Selain itu juga kaya akan kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat, yang dikenal akan khasiatnya untuk mengurangi tingkat stres,
- Asetilkolin,
- Gula, yaitu fruktosa dan glukosa, yang merupakan sumber karbohidrat, osa,
- Enzim,
- Mineral, seperti: kalium, kalsium, natrium, zink, besi, cuprum dan mangan.

Manfaat Royal Jelly
o Sebagai anti-penuaan, yang dapat membantu memperpanjang rentang hidup.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 2003 dengan menggunakan hewan coba tikus, royal jelly terbukti dapat meningkatkan rentang hidup tikus sekitar 25%, akibat terjadinya penurunan kerusakan DNA.


o Sebagai antioksidan tinggi
Protein yang terdapat dalam royal jelly memiliki aktifitas antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk mengatasi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, yang juga merupakan faktor penyebab terjadinya penuaan dini.

o Menjaga keremajaan kulit
Penelitian membuktikan bahwa 10-HDA yang terdapat dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam sel kulit. Kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit, yang bertugas untuk mempertahankan keremajaan dan kelenturan kulit sehingga tidak mudah keriput.

o Meningkatkan daya ingat serta menjaga kesehatan otak
~ Kandungan asetilkolin dalam royal jelly dapat membantu meningkatkan daya ingat, sangat bermanfaat bagi mereka yang lanjut usia ataupun yang menderita penyakit Alzheimer (pikun).
~ Dapat membantu melindungi sistem saraf sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit syaraf yang umum terjadi pada orang-orang usia lanjut seperti penyakit Parkinson.

o Memiliki manfaat anti-bakteri dan anti-jamur
Protein royalisin, yang hanya terdapat dalam royal jelly, memiliki manfaat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur



o Membantu memperbaiki sistem reproduksi
Kemampuan ratu lebah yang bertelur hingga 2,000 per hari dibandingkan lebah betina lain yang tidak menghasilkan telur, yang dikarenakan ratu lebah mengonsumsi royal jelly seumur hidupnya, membuat para ilmuwan melakukan beberapa penelitian terbukti bahwa royal jelly dapat membantu memperbaiki sistem reproduksi pada wanita yang mana dapat meningkatkan kesuburan.

o Membantu mencegah osteoporosis
~ Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi risiko terjadinya keropos pada tulang. Hal ini disebabkan karena royal jelly membantu meningkatkan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium.
~ Royal jelly juga dapat menstimulasi pembentukan tulang serta membantu mengurangi resiko terjadinya osteoporosis akibat menurunnya kepadatan tulang.


Mengapa HD Royal Jelly yang terbaik?

Mengapa HD Royal Jelly yang terbaik?
High-Desert memiliki 2 jenis produk royal jelly, yaitu:

1. HD Liquid Royale Jelly
Layaknya seperti daging yang akan membusuk jika tidak segera diolah atau dibekukan dalam lemari es, kondisi royal jelly yang dihasilkan akan cenderung memburuk setelah 24 jam. HD Liquid Royale Jelly dipanen, diproses, dan segera dibekukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam sehingga kandungan nutrisinya tetap terjaga dengan optimal.

HD Liquid Royale Jelly dicampur dengan madu murni sebagai pengawet alami, untuk menjaga agar nutrisinya tetap terjaga baik selama penyimpanan.

2. HD Royal Jelly Tablet
Bahan royal jelly dalam produk ini juga dipanen, diproses, dan segera dibekukan dalam waktu tidak lebih dari 24 jam, kemudian baru dikeringkan melalui metode pembekuan (freeze-dried) yang merupakan metode terbaik untuk menghilangkan kandungan air tanpa menghilangkan kandungan nutrisinya.

Selain mengandung royal jelly, juga mengandung bee pollen dan propolis, yang memberikan manfaat ekstra untuk kesehatan Anda.
Bentuknya praktis dan mudah dibawa, sangat cocok bagi mereka yang memiliki aktiftas padat dan tingkat mobilitas yang tinggi.

Petunjuk penggunaan:
Untuk bentuk liquid: 1 sendok takar (1/2 sendok teh) sebelum tidur, setara dengan 500 mg royal jelly murni.
Untuk bentuk tablet: 2-3 tablet sebelum tidur.

Isi per kemasan:
~ HD Liquid Royale Jelly: 150 gram, dengan kandungan 30,000 mg (30 gram) royal jelly murni dalam madu (120 gram).
~ HD Royal Jelly Tablet: 30 tablet dan 90 tablet, dengan komposisi 150 mg royal jelly, 99 mg bee pollen, dan 11 mg propolis.




( HD )

No comments: